LAPORAN PRAKTEK DAKWAH LAPANGAN


KATA PENGANTAR
 Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ أُولَٰئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللَّهُ ۗ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

"Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma´ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana" ( Attaubah : 71 )

Alhamdulillah wasyukurillah  dengan rahmat Allah Subhanahuata’allah kita masih diberikan nikmat dan karunia-Nya sehingga dapat terlaksana kegiatan PDL yang menjadi bagian dari kegiatan Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus dan kewajiban bagi Santriwan/santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus padakelas lima, rasa Syukur pada Allah SWA atas nikmat dan lindunganya  saya dapat beraktivitas ditempatkan Praktek Dakwah Lapangan (PDL) dalam keadaan sehat walafiat jasmani maupun rohani.

Shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad Sallallahu‘alaihi wasallam, nabi yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menjadi yaman ilmu pengetahuan.

            Dalam penyusunan laporan PDL ini,kami ingin mengucapkan terima kasih kepada :
  1. KH. Sigit Mahmudi selaku direktur Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus yang telah memberikan nasehat,pengarahan,pelajaran,dan pengajaran tentang hakikat berdakwah sebelum kami diterjunkan ke dalam masyarakat.
  2. H. Sya’udin S.Ag. MA. Selaku kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kudus atas perhatian dan masukan yang diberikan kapada santri kelas XI jauh hari sebelum dilaksanakan kegiatan PDL.
  3. Bapak Suhartono S.Pdi. selaku pembimbing PDL kami di Ranting Peganjaran yang selalu memperhatikan kami,memberikan bimbingan dan arahan selama kegiatan PDL berlangsung.
  4. Bapak H. Kusrin Hasan Arif  selaku ketua Ranting Muhammadiyah desa Peganjaran yang telah menerima dan memberikan kami kesempatan untuk melaksanakan kegiatan PDL di desa Peganjaran ini.
  5. Bapak H. Kusrin Hasan Arif  selaku ketua Masjid Al-Muttaqin Ranting Peganjaran yang telah memberikan tempat berteduh pada kami.
  6. Ibu RochanaS.Pd.  selaku Kepala SMP Muhammadiyah 3 Furqan yang telah berkenan memberikan kami tempat dan waktu untuk mengajar.
  7. Bapak Nurur Rohman S.Pd. selaku Kepala MaDin dan Kepala TPQ Al - Furqan yang telah berkenan memberikan kami tempat dan waktu untuk mengajar.
  8. Seluruh warga Muhammadiyah Ranting Kutuk atas sambutan dan responyang positif terhadap kita,saat bersilaturahmi.
  9. Para murid Madin Al – Furqan yang telah menggoreskan antara cerita,cinta,duka,dan kebersamaan yang sangat mendalam kepada kami.
  10. Teman-teman semua yang telah memberikan dukungan dan mengobarkan semangat yang membara teruntuk seluruh santri kelas XI yang melaksanakan PDL.
  11. Serta seluruhnya,yang telah berpartisipasi dalam kegiatan PDL,yang tidak mungkin dapat kami sebutkan satu persatu.
Kami ucapkan jazakumullah khoiron katsiiro atas bantuan dan bimbingan kepada semua pihak sehingga dapat melaksanakan Praktek Dakwah Lapangan (PDL) ini dengan lancar sehingga laporan ini bisa terselesaikan dengan apa yang saya harapkan.

Semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi seluruh kalangan, Santriwan/santriwati, Guru dan masyarakat Desa Desa Kutuk sehingga penyusunan laporan ini tidak sia-sai.

Billahi taufik wal hidayah

 Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

                                                                                                                        Penyusun



                                                                                                         Penulis



BAB I
  PENDAHULUAN
  1.1.      Latar Belakang
          Islam sebagai agama dakwah mewajibkan setiap pemeluknya untuk berdakwah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Lebih jelasnya setiap anak Adam yang beragama Islam tak terkecuali, sesungguhnya adalah juru dakwah yang mengemban tugas untuk menjadi teladan moral di tengah masyarakat yang kompleks dengan persoalan-persoalan kehidupan. Tugas dakwah yang demikian berat dan luhur itu mencakup pada dua aspek yaitu amar makruf dan nahi munkar (mengajak pada kebaikan dan mencegah dari kemunkaran).
         
Sejak awal dakwah merupakan sebuah risalah universal, dakwah kepada manusia secara keseluruhan, dan sebagai rahmat bagi setiap hamba Allah, Arab maupun non Arab, setiap negeri Allah, Barat maupun Timur dan semua warna kulit.

Umat Islam ditugaskan untuk mengemban risalah universal ini kepada seluruh dunia, maka tidak boleh baginya untuk memonopoli kebaikan dan cahaya bagi dirinya sendiri, melainkan setelah mendapatkan petunjuk dengan cahaya Allah maka ia harus menunjuki orang lain kepadanya, dan setelah ia menjadi baik dengan iman dan amal shalih maka ia harus memperbaiki umat-umat yang lain dan menyeru mereka kepada kebaikan yang dengannya Allah telah memuliakannya.
           
Dakwah keagamaan dalam perkembangannya telah mengalami berbagai perubahan bentuk, cara, dan penekanan. Dahulu, pemaparan ajaran agama dititikberatkan pada usaha mengaitkan ajaran-ajaran-Nya dengan alam metafisika, sehingga surga, neraka, nilai pahala, dan beratnya siksaan mewarnai setiap ajakan keagamaan.

Penyampaian ajaran tersebut dapat berupa perintah untuk melakukan kebaikan dan mencegah dari perbuatan yang dibenci oleh Allah dan rasul-Nya (amar makruf nahi al-munkar).

Maka melalui Praktek Dakwah Lapangan (PDL) Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus berusaha untuk menciptakan generasi yang lebih baik dan mendapat ridlo dan petunjuk Allah SWT.

1. 1.2.    Dasar
Program kerja Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus tingkat Madrasah Aliyah Muhammadiyah tahun 2014.

1. 1.3.       Tujuan
Dalam penulisan laporan ini mempunyai tujuan-tujuan sebagai berikut :
        1.    Sebagai pembelajaran Santriwan/santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus melalui Praktek Dakwah Lapangan (PDL).
      2. Berusaha untuk turut memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam perkembangan kehidupan warga muhammadiyah ranting kutuk.
      3. Turut berpatisipasi dalam mensukseskan program Ranting Muhammadiyah Kutuk.
     4. Untuk memberikan informasi kepada panitia pelaksana Praktek Dakwah Lapangan (PDL) Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus guna dijadikan pertimbangan dan penilaian, keberhasilan penilaian berdasarkan pelaksanaan Praktek Dakwah Lapangan (PDL).
 1.4.    Metode Perolehan Data
Penulisan dalam penyusunan laporan kelompok ini penulisan menggunakan metode pendekatan penelitian deskriptif disebabkan Praktek Dakwah Lapangan (PDL) ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan kehidupan warga muhammadiyah ranting kutuk.

Adapun teknik yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi menggunakan teknik:
  1.      Survey  yaitu dengan mengumpulkan data-data warga Ranting Muhammadiyah Kutuk.
 2. wawancara penulis menggunakan wawancara lngsung dengan masyarakat dan ketua Ranting   Muhammadiyah Kutuk.
 3. Studi kooperatif, yaitu penulisan mempergunakan untuk mencari pemecahan masalah melalui hubungan sebab akibat yang menimbulkan masalah-masalah yang dihadapi kehidupan warga muhammadiyah ranting kutuk.
 4.  Studi operasioanal yaitu menulis langsung melihat pada kenyataan hasil-hasil penyelidikan seseorang untuk dijadikan pedoman kerjasama antara ahli penyelidikan profesional dengan pelaksanaan dari hasil praktek (action research).

Dengan melalui Praktek Dakwah Lapangan (PDL) tersebut dapat diterapkan untuk tujuan perbaikan dan alternatif pemecahan masalah dalam perkembangan kehidupan warga muhammadiyah ranting kutuk.


BAB II
PELAKSANAAN PDL
2.1 Tempat Pelaksanaan PDL
                 Tempat Praktek Dakwah Lapangan (PDL) kami di Ranting Muhammadiyah Kutuk untuk menggambarkan perkembangan kehidupan warga muhammadiyah ranting kutuk.
                 Tugas Praktek Dakwah Lapangan (PDL) untuk mengajar di beberapa Pelajaran antara lain:
®                     Masjid Muhammadiyah Kutuk :  
Imam Sholat : Magrib, Isya’, Subuh
Kultum 2 Hari Sekali
Mengajar Ngaji Habis Magrib
Khutbah Jum’at
Muadzin 5 Waktu


®                     SMP Muhammadiyah 3 Udaan:
Mengajar Aqidah
Mengajar Ibadah
Mengajar Ahhlaq
Mengajar B.Arab
Mengajar Al-Quran
Mengajar Nahwu & Shorof
Mengajar Tarikh
Mengajar BTA
Mengajar Ke-MD-an
Mengajar Al-Hadist

®                     Madrasah Diniyah Al Furqon Undaan:
Mengajar Tajwid & Al-Qur’an
Mengajar Akhlak & Shorof
Mengajar Do’a & Fasholatan
Mengajar Tarikh & Iqra’
Mengajar Tauhid & Nahwu
Mengajar Fikih & Tauhid

®                     Pertemuan Rutin warga Muhammadiyah cabang Undaan:
MC : Farid Hasan K.
Qori’ : Malik Abdul Aziz
           
®                    Pertemuan Rutin  Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyah cabang Undaan      
MC :  M. Arif Abdul Hanan
Qori’ : Nuuron Abdullah Ilham

2.2  Waktu Pelaksanaan PDL
            Pelepasan Praktek Dakwah Lapangan (PDL) di laksanakan :
            Tanggal : 6 April 2014 M
            Pukul     : 10.00 WIB

Pelaksanaan Praktek Dakwah Lapangan (PDL) di laksanakan :
            Tanggal : 6 April – 17 April 2014 M
           
            Penjemputan Praktek Dakwah Lapangan (PDL) di laksanakan :
            Tanggal : 17 April 2014 M
            Pukul     : 14.00 WIB

BAB III
JADWAL KEGIATAN
3.1 Jadwal Kegiatan di Masjid
Hari / Tanggal
Pukul
 Jenis Kegiatan
Tempat
Ahad
6 April  2014 M
11.45 - 12.30 WIB
12.30 - 14.45 WIB
14.15 - 15.30 WIB
15.30 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 - 20.30 WIB
20.30 - 03.30 WIB
Adzan & Sholat Dzuhur
Makan & Istirahat Siang
Adzan & Sholat Asar
Mandi & Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Magrib
Kultum & Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Makan Malam
Tidur Malam
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid

Senin
7 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 10.30 WIB
10.30 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB
12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.45 WIB
14.15 - 15.30 WIB
15.30 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 - 20.30 WIB
20.30 - 03.30 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Jalan” Pagi
Makan Pagi
Istirahat Pagi
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Dzuhur
Makan Siang
Istirahat Siang
Adzan & Sholat Asar
Mandi & Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Magrib
Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Makan Malam
Tidur Malam
Masjid
Masjid
Desa Kutuk
Rumah Warga
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid


Selasa
8 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB
12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.00 WIB
14.00 - 16.00 WIB
16.00 - 17.00 WIB
17.00 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 - 20.30 WIB
20.30 - 03.30 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Persiapan Mengajar
Makan Pagi
Mengajar SMP M 3 Undaan
Adzan & Sholat Dzuhur
Makan Siang
Istirahat Siang
Mengajar MADIN
Mengajar TPQ
Perjalanan ke Kutuk
Adzan & Sholat Magrib
Kultum & Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Makan Malam
Tidur Malam
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Sekolah
Masjid
SMP M 3
Masjid SMP M 3
SMP M 3
SMP M 3
Jalan
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid

Rabu
9 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB
12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.00 WIB
14.00 - 16.00 WIB
16.00 - 17.00 WIB
17.00 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 - 20.30 WIB
20.30 - 03.30 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Persiapan Mengajar
Makan Pagi
Mengajar SMP M 3 Undaan
Adzan & Sholat Dzuhur
Makan Siang
Istirahat Siang
Mengajar MADIN
Mengajar TPQ
Perjalanan ke Kutuk
Adzan & Sholat Magrib
Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Makan Malam
Tidur Malam
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Sekolah
Masjid
SMP M 3
Masjid SMP M 3
SMP M 3
SMP M 3
Jalan
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid

Kamis
10 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB
12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.00 WIB
14.00 - 16.00 WIB
16.00 - 17.00 WIB
17.00 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 - 20.30 WIB
20.30 - 03.30 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Persiapan Mengajar
Makan Pagi
Mengajar SMP M 3 Undaan
Adzan & Sholat Dzuhur
Makan Siang
Istirahat Siang
Mengajar MADIN
Mengajar TPQ
Perjalanan ke Kutuk
Adzan & Sholat Magrib
Kultum & Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Makan Malam
Tidur Malam
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Sekolah
Masjid
SMP M 3
Masjid SMP M 3
SMP M 3
SMP M 3
Jalan
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid

Jumat
11 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB

12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.45 WIB
14.15 - 15.30 WIB
15.30 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 - 20.30 WIB
20.30 - 03.30 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Persiapan Mengajar
Makan Pagi
Mengajar SMP M 3 Undaan
Adzan, Khutbah & Sholat Jumat
Makan Siang
Istirahat Siang
Adzan & Sholat Asar
Mandi & Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Magrib
Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Makan Malam
Tidur Malam
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Sekolah
Masjid

Rumah Warga
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid
Sabtu
12 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 10.30 WIB
10.30 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB
12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.00 WIB
14.00 - 16.00 WIB
16.00 - 17.00 WIB
17.00 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 - 20.30 WIB
20.30 - 03.30 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Jalan” Pagi
Makan Pagi
Istirahat Pagi
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Dzuhur
Makan Siang
Persiapan & Perjalanan
Mengajar MADIN
Mengajar TPQ
Perjalanan ke Kutuk
Adzan & Sholat Magrib
Kultum & Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Makan Malam
Tidur Malam
Masjid
Masjid
Desa Kutuk
Rumah Warga
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Jalan
SMP M 3
SMP M 3
Jalan
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid
Ahad
13 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 10.30 WIB
10.30 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB
12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.00 WIB
14.00 - 16.00 WIB
16.00 - 17.00 WIB
17.00 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 – 22.00WIB
22.30 - 03.30 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Jalan” Pagi
Makan Pagi
Istirahat Pagi
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Dzuhur
Makan Siang
Persiapan & Perjalanan
Mengajar MADIN
Mengajar TPQ
Perjalanan ke Kutuk
Adzan & Sholat Magrib
Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Pengajian Selapanan
Tidur Malam
Masjid
Masjid
Desa Kutuk
Rumah Warga
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Jalan
SMP M 3
SMP M 3
Jalan
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid
Senin
14 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB
12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.00 WIB
14.00 - 16.00 WIB
16.00 - 17.00 WIB
17.00 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 - 20.30 WIB
20.30 - 03.30 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Persiapan Mengajar
Makan Pagi
Mengajar SMP M 3 Undaan
Adzan & Sholat Dzuhur
Makan Siang
Istirahat Siang
Mengajar MADIN
Mengajar TPQ
Perjalanan ke Kutuk
Adzan & Sholat Magrib
Kultum & Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Makan Malam
Tidur Malam
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Sekolah
Masjid
SMP M 3
Masjid SMP M 3
SMP M 3
SMP M 3
Jalan
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid
Selasa
15 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB
12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.00 WIB
14.00 - 16.00 WIB
16.00 - 17.00 WIB
17.00 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 - 20.30 WIB
20.30 - 03.30 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Persiapan Mengajar
Makan Pagi
Mengajar SMP M 3 Undaan
Adzan & Sholat Dzuhur
Makan Siang
Istirahat Siang
Mengajar MADIN
Mengajar TPQ
Perjalanan ke Kutuk
Adzan & Sholat Magrib
Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Makan Malam
Tidur Malam
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Sekolah
Masjid
SMP M 3
Masjid SMP M 3
SMP M 3
SMP M 3
Jalan
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid
Rabu
16 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB
12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.00 WIB
14.00 - 16.00 WIB
16.00 - 17.00 WIB
17.00 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 – 22.00 WIB
22.30 - 03.30 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Persiapan Mengajar
Makan Pagi
Mengajar SMP M 3 Undaan
Adzan & Sholat Dzuhur
Makan Siang
Istirahat Siang
Mengajar MADIN
Mengajar TPQ
Perjalanan ke Kutuk
Adzan & Sholat Magrib
Kultum & Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Pengajian PM & NA Undaan
Tidur Malam
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Sekolah
Masjid
SMP M 3
Masjid SMP M 3
SMP M 3
SMP M 3
Jalan
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid

Kamis
18 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 10.30 WIB
10.30 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB
12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.45 WIB
14.15 - 15.30 WIB
15.30 - 17.30 WIB
17.30 - 18.15 WIB
18.15 - 18.50 WIB
18.45 - 19.30 WIB
19.30 - 20.30 WIB
20.30 - 03.30 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Jalan” Pagi
Makan Pagi
Istirahat Pagi
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Dzuhur
Makan Siang
Istirahat Siang
Adzan & Sholat Asar
Mandi & Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Magrib
Mengajar Ngaji
Adzan & Sholat Isya’
Makan Malam
Tidur Malam

Masjid
Masjid
Desa Kutuk
Rumah Warga
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Masjid
Jumat
19 April  2014 M
03.30 – 04.25 WIB
04.25 – 05.00 WIB
05.00 – 06.15 WIB
06.15 – 06.45 WIB
06.45 – 11.45 WIB
11.45 – 12.30 WIB

12.30 - 13.00 WIB
13.00 – 14.00 WIB

14.00 – 16.00 WIB
Bersih” Masjid
Adzan & Sholat Subuh
Persiapan Mengajar
Makan Pagi
Mengajar SMP M 3 Undaan
Adzan, Khutbah & Sholat Jumat
Makan Siang
Menunggu Jemputan PONPES
Perjalanan Ke PONPES
Masjid
Masjid
Masjid
Rumah Warga
Sekolah
Masjid

Rumah Warga
Masjid

Jalan


3.2 Jadwal Mengajar
SMP Muhammadiyah 3 Kudus
WAKTU
   SENIN

SELASA


KELAS VII
KELAS VIII
KELAS VII
KELAS VIII
07.00 - 07.35 WIB
Aqidah


Ibadah
07.35 – 08.10 WIB
Ahhlaq


B.Arab
08.10 – 08.45 WIB
Al-Quran



08.45 – 09.20 WIB
Tarikh
Aqidah


09.20 – 09.35 WIB
ISOMA
ISOMA
ISOMA
ISOMA
09.35 – 10.10 WIB

Ahhlaq


10.10 – 10.45 WIB
Ke-MD-an

Ibadah

10.45 – 11.20 WIB


B.Arab

11.20 – 11.55 WIB




11.55 – 12.15 WIB
ISOMA
ISOMA
ISOMA
ISOMA
12.15 – 12.45 WIB





WAKTU
  RABU

KAMIS


KELAS VII
KELAS VIII
KELAS VII
KELAS VIII
07.00 - 07.35 WIB
Nahwu


Ke-MD-an
07.35 – 08.10 WIB
Shorof



08.10 – 08.45 WIB
LUGHOT

BTA

08.45 – 09.20 WIB

Nahwu

Tarikh
09.20 – 09.35 WIB
ISOMA
ISOMA
ISOMA
ISOMA
09.35 – 10.10 WIB

Shorof


10.10 – 10.45 WIB




10.45 – 11.20 WIB




11.20 – 11.55 WIB



BTA
11.55 – 12.15 WIB
ISOMA
ISOMA
ISOMA
ISOMA
12.15 – 12.45 WIB




WAKTU
JUMAT

SABTU


KELAS VII
KELAS VIII
KELAS VII
KELAS VIII
07.00 - 07.35 WIB




07.35 – 08.10 WIB




08.10 – 08.45 WIB
Al-Hadist



08.45 – 09.20 WIB




09.20 – 09.35 WIB
ISOMA
ISOMA
ISOMA
ISOMA
09.35 – 10.10 WIB




10.10 – 10.45 WIB




10.45 – 11.20 WIB

Al-Hadist


11.20 – 11.55 WIB

Al-Quran


11.55 – 12.15 WIB
ISOMA
ISOMA
ISOMA
ISOMA
12.15 – 12.45 WIB










3.3 Jadwal Silaturrahim
HARI
TEMPAT
AHAD - RABU
P. Kusrin
KAMIS – SABTU
Mbah Sarmi
SABTU - SENIN
P. Supa’at
SENIN –SELASA
P. Supri
RABU – KAMIS
P. Supa’at
JUMAT
P.Suyoto

3.4 Jadwal Kegiatan Lainnya
      1.      Menjadi MC & Qira’ pengajian Selapanan Cab. Undaan di rumah P. Purnomo sebagai              Pembicra Dr. Ahmad Hilal Madjdi, M.Pd
      2.      Kultum Setelah Sholat Dzuhur di SMP Muhammadiyah 3 Kudus
      3.      Menjadi MC & Qira’ pengajian Selapanan Pemuda Muhammadiyah & Nasyiatul Aisyah di       Masjid Al Ikhlas Kutuk sebagai Pembicra Usd. Nadhief, S,Sy.





BAB IV
PERKEMBANGAN MUHAMMADIYAH RANTING KUTUK
4.1  Kondisi Geografis Ranting Muhammadiyah Kutuk
          Desa kutuk merupakan salah satu desa yang berada Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus . Luas wilayah Desa kutuk ± 1.100.250 Ha . Jarak dengan Kantor Kecamatan kurang 13 km sedangkan j arak dengan Kabupaten kurang lebih 20 km. Batas desa :
·  Sebelah Utara : Kecamatan Mejobo
·  lebih Sebelah Timur : Kabupaten Pati
·  Sebelah Selatan : Desa Larikrejo dan Kabupaten Pati
·  Sebelah Barat : Desa Ngemplak
         Penggunaan lahan di Desa Karangrowo untuk tanah sawah sebesar 732.000 Ha , penggunaan lahan bukan tanah sawah terdiri dari peruntukan bangunan seluas 213.600 Ha. ,tegalan 61.030 Ha, tanah kering 70.690, padang gembala 5000 Ha, tambak/kolam 2000 Ha, lain-lain sebanyak 12.250 Ha.

4.2  Susunan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kutuk

KETUA             : H. Kusrin Hasan Arif
SEKRETARIS    : Subantrisno
BENDAHARA  : Suyoto
BAGIAN-BAGIAN :
·         Tabliqh dan Dakwah : Supa’at
·         Pembangunan            : Supriyono
                                                Supriyadi
·         Kebersihan                  : Jamiran
                                                 Suryanto
·         Pemuda                        : Supriyono
                                                  Suryanto
4.3   Progam Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kutuk
Ø  Pengajian Selapanan setiap Malam Jum’at Wage.
Ø  Menyelenggarakan Sholat Jum’at.
10
4.4   Amal Usaha Ranting Muhammadiyah Kutuk
Masjid Al Ikhlas yang di kelilingi oleh sawah dan aluran perairan sawah.
4.5   Jumlah Anggota Ranting Muhammadiyah Kutuk
Jumlah anggota warga Muhammadiyah ranting Kutuk sejumlah sekitar 15 Kepala Keluarga.
4.6   Pekerjaan / Mata Pencaharian warga Kutuk
No
Mata Pencaharian
Jumlah Penduduk
1.
Petani Sendiri
1602
2.
Buruh Tani
1874
3.
Pengusaha
8
4.
Buruh Industri
919
5.
Buruh Bangunan
543
6.
Pedagang
157
7.
Pengangkutan
87
8.
Pegawai Negeri Sipil, TNI dan POLRI
36
9.
Pensiunan
4
10.
Lain-lain
13

4.7   Tingkat Pendidikan warga Kutuk
No
Tingkat Pendidikan
Jumlah Penduduk
1
Akademi / Perguruan Tinggi
26
2
SLTA
600
3
SLTP
780
4
SD / MI
2583
5
Tidak Tamat SD
850
6
Belum Tamat SD
873
7
Tidak Sekolah
1269


BAB V
 PENUTUP

5.1 Simpulan
            Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan baik sebelum maupun selama melaksanakan Praktek Dakwah Lapangan (PDL) di Desa Kutuk angkatan ke-8 mulai dari tanggal 6 April 2014 s.d 18 April 2014 M, maka dapat disimpulkan :
Kegiatan Praktek Dakwah Lapangan (PDL) merupakan salah satu progam Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus. Diharapkan melalui kegiatan Praktek Dakwah Lapangan (PDL) dapat memberikan kesempatan kepada santriwan/santriwati untuk mengadakan proses berdakwah ilmu pengetahuan dan tekhnologi melalui berbagai pengalaman dilapangan dan desa yang menjadi lokasi Praktek Dakwah Lapangan (PDL) dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan berdakwah.
Secara umum lokasi Praktek Dakwah Lapangan (PDL) di Desa Kutuk kecamatan Undaan kabupaten Kudus merupakan daerah pertanian dan perkebunan, hal ini menyebabkan sebagian penduduk Desa Kutuk adalah petani dan hanya sebagian kecil saja yang bergerak pada sektor lainnya.
5.2 Saran
Dari keseluruhan peserta Praktek Dakwah Lapangan (PDL) di Desa Kutuk kecamatan Undaan kabupaten Kudus, banyak masalah yang memerlukan alternatif pemecahan masalah yang harus dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah desa. Masalah-masalah yang perlu mendapat perhatian  khusus baik dari pemerintah daerah, maupun masyarakat sendiri adalah :
1.      Pemahaman cara pengamalan nilai-nilai keagamaan bagi para remaja
2.      Membangun dan merapihkan sarana transportasi untuk meningkatkan sumber ekonomi bagi masyarakat.
3.     Membangun dan membantu sarana lembaga pendidikan baik formal maupun non-formal untuk lebih meningkatkan sumber daya manusia.
4.      Pihak Ranting Muhammadiyah Kutuk, sebaiknya lebih responsive terhadap kegiatan Praktek Dakwah Lapangan (PDL), agar para santriwan/santriwati lebih termotivasi untuk belajar dan berdakwah.

          

Komentar