Teknologi

Pemerintah Kabupaten Kudus Pasang Free Hotspot
Tanggal 30 Mei 2009 bertempat di GOR Kudus  dilaksanakan launching Free hotspot area dan juga SMS gateway yang bekerjasama dengan pihak Indosat. Acara ini rencananya di hadiri oleh segenap pengurus pemda kudus termasuk Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kudus serta berberapa perwakilan dari pihak Indosat.
Bupati Kudus, HM Mustofa yang juga merupakan sarjana IT sangat tertarik dengan pengembangan IT di Kudus. Beliau sangat antusias untuk memajukan pengetahuan warga Kudus dengan memberikan beberapa fasilitas free hotspot yang ada di beberapa lokasi strategis di Kudus sehingga dapat di gunakan secara maksimal oleh warga. Rencana ini di support oleh raksasa perusahaan Telkomunikasi Indosat secara penuh.

Sebelumnya ada dua titik free hotspot yang sengaja di berikan oleh Pemerintah Daerah, yaitu di area Pendopo Kudus dan Alun-alun Kudus. Namun dengan adanya support dari pihak Indosat maka saat ini bertambah lagi satu titik di sekitar area GOR Wergu Wetan. Selain itu akan ada program “Kampung Cyber” yaitu adanya koneksi internet disekitar titik di balai desa di masing-masing daerah. Sementara hanya ada 27 Desa yang merupakan desa contoh sebelum total 132 desa dapat menikmati akses internet gratis.
Saya sendiri sudah lama meninggalkan kudus, sudah Sekitar 3 tahun saya kurang memperhatikan perkembangan kota kelahiran saya ini. Namun kemajuan yang pesat membuat saya melirik kembali prospek Kudus untuk bidang IT. Kemajuan itu harus di dukung oleh SDM yang mumpuni dan mengerti sehingga tidak terjadi salah kaprah. UMK ( Universitas Muria Kudus ) sebagai salah satu universitas swasta di Kudus melihat potensi pengadaan SDM yang berkwalitas di bidang IT dan kini UMK sudah mempunyai 2 jurusan komputer yaitu Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Harapan dari pemerintah dengan berkembang fasilitas cyber di Kudus, kedepannya kudus dapat menjadi Cyber City.
Titik-titik Hotspot diKudus
Selain Titik-titik Hotspot gratis milik Pemerintah Kabupaten Kudus, antara lain
  1. Simpang 7
  2. GOR
Titik-titik Hotspot gratis milik BUMN Telkom dalam hal ini Telkom Kudus
  1. Plasa Telkom (Jl. Jend Sudirman no. 69 Kudus)
  2. Bank Syariah Mandiri (Jl. A Yani No. 9 Kudus)
  3. Easy Tech Komputer (Jl. Sunan Kudus 119)
  4. Xoxo Komputer (Jl. Sunan Muria)
  5. Red Zone Komputer (Jl. Jend Sudirman)
  6. RS Mardi Rahayu Kudus (Jl. AKBP R Agil Kusumadiya 110 Kudus)
  7. Taruna Motor (Jl. Jend Sudirman 275 Kudus)
  8. Toko Buku hasan Putra (Simpang 7 Kudus)
Dan beberapa titik hotspot yang lain seperti di Universitas Muria Kudus dan STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) Kudus

Komentar